Rabu, 01 Juni 2011

23 Ribu Peserta Perebutkan Kursi PTN di Malang

Malang (ANTARA News) - Sebanyak 23.266 peserta jalur ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Selasa, memperebutkan 7.237 kursi yang disediakan tiga PTN di Malang, Jawa Timur.

Kuota tiga PTN yang diperebutkan sebanyak 7.237 itu adalah Universitas Brawijaya (UB) sebanyak 4.410 kursi, Universitas Negeri Malang (UM) sebanyak 1.100 kursi dan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) sebanyak 1.727 kursi.

Ujian tulis SNMPTN tersebut selain digelar di kampus masing-masing PTN, juga dilaksanakan di beberapa kampus swasta dan SMA yang berada di kawasan terdekat kampus setempat.

Untuk ujian kelompok IPA di kampus UIN Maliki sebanyak 9.009 peserta, kelompok IPS di kampus UB sebanyak 9.115 peserta dan IPC di UM sebanyak 5.142 peserta.

Kepala Humas  UB Susantinah Rahayu mengatakan, penanggung jawab ujian sesuai dengan program yang ditentukan, misalnya, UB dipercaya untuk menggelar ujian tulis kelompok IPS. Untuk mengawasi ujian tersebut UB menurunkan 901 pengawas yang akan berkeliling di 48 lokasi.

Ia mengakui, keterlibatan pengawas yang cukup banyak tersebut juga untuk melakukan cek silang data peserta. Peserta wajib menunjukkan bukti dan data asli yang digunakan saat mendaftar, baik berupa KTP, SIM atau kartu identitas diri lain yang bisa dipertanggungjawabkan.

Cek kevalidan data tersebut, katanya, sebagai konsekuensi dari pendaftaran melalui sistem "online" (dalam jaringan), karena pada saat mendaftar peserta tidak bertatap muka langsung dengan panitia.

Lokasi ujian tulis kelompok IPA di UIN Maliki menempati 445 ruang dengan 890 orang pengawas dan 32 pengawas cadangan. Karena kapasitas ruang di kampus UIN terbatas, maka panitia juga memanfaatkan ruang lembaga lainnya, seperti kampus Universitas Gajayana (Uniga), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) serta kampus MAN 3 dan MIN 1.

Untuk ujian tulis kelompok IPC di kampus UM juga tidak ada masalah. Seluruh peserta bisa terkover di dalam kampus dan pengawas yang diturunkan sebanyak 500 orang.

Ujian tulis SNMPTN hari pertama (Selasa, 31/5) adalah tes potensi akademik dan bidang studi dasar. Sedangkan hari kedua (Rabu, 1/6) adalah tes bidang studi IPA untuk kelompok IPA, bidang studi IPA untuk kelompok IPS serta IPC bidang studi IPA dan IPS. 


sumber: www.antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates