Senin, 22 September 2008

Program Rencana Strategis (RENSTRA)

RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)
MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF KENCONG
TAHUN PELAJARAN 2005-2010


C. VISI
Unggul Prestasi berpijak pada nilai-nilai Islami dan Akhlaqul Karimah

D. INDIKATOR
1. Unggul dalam perolehan NEM
2. Unggul dalam memasuki pendidikan tinggi.
3. Unggul dalam bidang olah raga dan seni
4. Unggul dalam kegiatan Keagamaan / Islam
5. Berprestasi dalam bidang life skill
6. Berbudi luhur dalam kehidupan sehari-hari

E. MISI
1. Meningkatkan prestasi KBM untuk mencapai kelulusan yang standar
2. Meningkatkan kualitas belajar siswa melalui kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar agar dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
3. Meningkatkan prestasi belajar bidang olahraga, seni serta karya ilmiah sesuai dengan potensi, bakat, minat / hobi siswa
4. Membekali siswa dengan ketrampilan dan kecakapan teknik dasar agar mampu bersaing dalam pasar kerja atau terjun dimasyarakat.
5. Mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran agama Islam serta akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari.

F.TUJUAN
1. Siswa memiliki pengetahuan dan teknologi tingkat menengah sehingga mampu mencapai standar kelulusan dan melanjutkan ke perguruan tinggi.
2. Siswa mampu mengembangkan hobi, bakat dan minatnya melalui kegiatan olah raga, seni dan karya ilmiah.
3. Siswa mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari
4. Siswa memiliki ketrampilan, kecakapan teknik dasar untuk dapat bersaing dalam memasuki pasar kerja maupun terjun langsung kemasyarakat.
5. Siswa dapat berprilaku sopan santun dalam kehidupan bermasyarakat.

G. PROGRAM STRATEGIS
Untuk mencapai keberhasilan tujuan diatas maka telah ditetapkan 5 (lima) sasaran sebagai berikut :

1. Bidang Kurikulum
Untuk mengembangkan kurikulum dimana teknologi dan pendekatan pelajaran dapat ditinjau dan diadaptasikan sebagai jawaban atas kebutuhan siswa dan masyarakat, maka kurikulum yang dikembangkan di Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong adalah sebagai berikut :
F Standar isi diklasifikasikan sebagai berikut :
a. Kurikulum program unggulan : yang memproyeksikan para lulusan untuk dapat melanjutkan ke perguruan tinggi umum.
b. Kurikulum bidang keagamaan : yang memproyeksikan para lulusan untuk dapat melanjutkan ke perguruan tinggi agama baik dalam negeri maupun luar negeri (timur tengah) atau terjun ke tengah masyarakat sebagai tenaga da’i atau tokoh-tokoh agama.
c. Kurikulum bidang keterampilan : memproyeksikan para lulusan untuk dapat bersaing dalam pasar kerja maupun terjun ke tengah masyarakat.



F Standar Proses :
a. Proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, motivasi peserta didik berpartisipasi secara aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat dan minat.
b. Selain tersebut diatas juga memberikan keteladanan.

F Standar Penilaian :
Untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam proses pembelajaran sehingga dapat memenuhi standar penilaian, maka penilaian terdiri atas :
a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
b. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
c. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah.

2. Pelayanan Siswa
Untuk mencapai standar kelulusan sekolah menyediakan program pelayanan siswa secara efektif dan relevan yang diarahkan pada kebutuhan siswa, memaksimalkan partisipasi sekolah dan pemberdayaan siswa, sehingga adanya jaminan bahwa para siswa mempunyai akses ke sumber daya dan jasa yang mendukung kebutuhan mereka termasuk kesejahteraan/kesehatan mereka.

3. Bidang Personalia (Standar Ketenagaan)
Dibidang personalia sekolah berupaya memperkuat keunggulan profesional yang secara efektif mengatur isu sumber daya manusia (SDM) dengan mempertemukan staf sampai pada performance personalia.

4. Fisik dan Sumber Daya Keuangan
Untuk mencapai standar Sarana Prasarana dan biaya atau untuk lebih mamaksimalkan, mengatur dan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien dalam rangka memperoleh kemungkinan pendidikan terbaik untuk para siswa, kami mengadakan pemeliharaan, pengembangan dan penetapan dari suatu proses efektif untuk identifikasi dan manajemen dari aset sekolah sehingga dapat memuaskan lingkungan dan berguna bagi pelajran dan keunggulan sekolah, bebas resiko dan penyelamatan/pengamanan para siswa dan staff. Begitu juga penetapan tentang proses keuangan dilakukan secara terbuka, inovatif mengarah pada maximizing pendapatan dan yang mendukung peningkatan kualitas proses belajar mengajar.

5. Hubungan Masyarakat
Dalam hal ini sekolah melibatkan komunitas madrasah dalam pengambilan keputusan dan penetapan tentang pengembangan pendidikan, sehingga sekolah dapat memberikan jaminan mutu kepada para siswa, orang tua dan masyarakat yang lebih luas.

F. STRATEGI PELAKSANAAN
1. Penetapan Kurikulum yang mengacu pada latar belakang kondisi dan kebutuhan siswa dan masyarakat. Dalam hal ini kurikulum diklasifikasikan menjadi tiga kelompok program yakni :
a. Program Unggulan.
Kurikulum ini diperuntukan bagi siswa yang mempunyai kemampuan akademik dan ekonomik, sehingga mereka diproyeksikan untuk dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi terutama perguruan tinggi negeri umum.
b. Program Bidang Keagamaan
Pada program ini kurikulum yang diberikan adalah pengetahuan dan ketrampilan dibidang keagamaan serta dikembangkan pada penguasaan bahasa arab dan inggris, sehingga para lulusan dapat diproyeksikan masuk perguruan tinggi agama baik dalam negeri maupun luar negeri (timur tengah) atau terjun ketengah masyarakat sebagai tenaga-tenaga da’i atau tokoh-tokoh agama.
c. Program bidang Ketrampilan.
Kurikulum ini diperuntukan bagi siswa yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi karena faktor akademik atau ekonomik.
Dalam hal ini siswa dibekali dengan vocational dan society skill. Adapun jenis ketrampilan yang dikembangkan antara lain :
ü Tata busana
ü Otomotif
ü Sablon
ü Computer
ü Elektro
Dari aspek standar proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, motivasi peserta didik berpartisipasi secara aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat dan minat, memberikan keteladanan serta memperhatikan jumlah siswa per kelas, beban mengajar pendidik maupun rasio buku pegangan siswa. Sedangkan dalam aspek penilaian menggunakan berbagai teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas. Dengan demikian standar kurikulum baik isi, proses maupun penilaian telah terpenuhi.

2. Pelayan siswa yang meliputi :
a. Membuat data base kesiswaan
b. Pengembangan sikap profesionalisme siswa
c. Pengembangan komunikasi efektif antara siswa dengan guru maupun pimpinan madrasah.
d. Pengembangan potensi siswa sesuai dengan hobi, bakat dan minat melalui lomba olahraga, seni dan karya ilmiah serta pengembangan ketrampilan.
e. Pengembangan jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial melalui organisasi intra dan ekstra kurikuler
f. Pembinaan dan peningkatan kedisiplinan siswa
g. Membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar/masalah-masalah yang dihadapi.
h. Memberikan orientasi pendidikan tinggi dan bimbingan karir.

3. pengembangan staf/personalia yang profesional meliputi :
a. Membuat data base ketenagaan
b. Pencapaian proses manajemen personalia
c. Pengembangan profesionalitas guru dan staf
d. Pengakuan staf (reward)
e. Komunikasi efektif antara guru/karyawan dengan pimpinan maupun komunitas madrasah.
f. Peningkatan persepsi organisasi kelembagaan tempat kerja
g. Menumbuhkan rasa keterikatan satu visi dan misi yang menjadi arah dan tujuan bersama.

4. Pengembangan sarana prasarana baik berupa ruang belajar, ruang laboratorium, media pembelajaran, sarana olah raga dan seni maupun sarana lain yang dapat mendukung proses pembelajaran, bebas resiko/keselamatan dan keamanan para siswa dan staf melalui manajemen yang terbuka, inovatif sehingga mampu mendorong partisipasi efektif seluruh pihak demi terwujudnya sarana dan prasarana yang memenuhi standar.

5. Melibatkan komunitas madrasah (siswa, orang tua dan masyarakat) sebagai stake holder dalam pengambilan keputusan (MPMBM), menjalin komunikasi efektif, laporan berkala dan promosi sekolah.



G. HASIL YANG DIHARAPKAN (TARGET)
1. Bidang Kurikulum
a. Pada Tapel 2004/2005 struktur kurikulum telah dilakukan perubahan dengan memperhatikan latar belakang kondisi dan kebutuhan, kemudian diuji cobakan.
b. Pada awal Tapel 2005/2006 kurikulum yang ada mulai dilaksanakan.
c. Pada akhir Tapel 2006/2007 kurikulum yang ada (KTSP) dievaluasi standar isi, proses dan relevansinya.
d. Pada Tahun Pelajaran 2007/2008 kurikulum yang ada (KTSP) terus dilaksanakan dengan melakukan penyempurnaan kemudian diujikan.
e. Pada tahun pelajaran 2008/2009 kurikulum yang ada dibakukan sebagai kurikulum yang memenuhi standar dan madrasah mampu menghasilkan para lulusan yang kompeten sesuai dengan bidangnya sehingga mampu mangantarkan para lulusan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau terjun ditengah masyarakat.

2. Bidang Pelayanan Siswa
a. Pada tahun pelajaran 2004/2005 data base komprehensip kesiswaan yang terpercaya telah dibentuk.
b. Pada tahun pelajaran 2005/2006 siswa memiliki sikap profesional, terciptanya komunikasi efektif dan terwujudnya kedisiplinan yang tinggi.
c. Pada tahun pelajaran 2006/2007 siswa dapat mengembangkan hobi, bakat dan minatnya melalui kegiatan olahraga, seni dan karya ilmiah serta memiliki wawasan pendidikan tinggi dan jenis pekerjaan.
d. Pada tahun pelajaran 2007/2008 siswa memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial serta memiliki kemampuan dalam mengatasi kesulitan belajar maupun masalah-masalah yang dihadapi.
e. Pada tahun pelajaran 2008/2009 madrasah mampu memberikan pelayanan terbaik kepada siswa dalam mengatasi permasalahan yang ada maupun dalam menemukan jati dirinya.

3. Bidang Pengembangan Personalia yang profesional
a. Pada tahun pelajaran 2004/2005 data base ketenagaan sudah tersedia dengan baik / siap akreditasi.
b. Pada tahun pelajaran 2005/2006 terciptanya proses manajemen personalia yang efektif dan partisipatif.
c. Pada tahun pelajaran 2006/2007 terciptanya komunikasi efektif antara guru dengan pimpinan maupun dengan peserta didik.
d. Pada tahun pelajaran 2007/2008 terciptanya persepsi organisasi kelembagaan tempat kerja, tumbuhnya rasa keterikatan satu visi dan misi yang menjadi arah dan tujuan bersama.
e. Pada tahun pelajaran 2008/2009 terwujudnya pengakuan dan profesionalisme guru dan staf, sehingga sekolah dipandang mampu mengembangkan siswa lebih berdaya dan berhasil guna

4. Pengembangan Sarana Prasarana
a. Pada tahun pelajaran 2004/2005 seluruh sarana prasana telah masuk dalam register asset sekolah.
b. Pada tahun pelajaran 2005/2006, 60 % kebutuhan sarana ruang belajar, ruang laboratorium, sarana olahraga, dan seni maupun sarana prasarana laboratorium ketrampilan sudah terpenuhi.
c. Pada tahun pelajaran 2006/2007, 80 % kebutuhan alat dan bahan praktikum IPA dan Bahasa terpenuhi.
d. Pada tahun pelajaran 2007/2008 , 90 % kebutuhan sarana ruang belajar, ruang laboratorium, alat/bahan praktikum IPA/Bahasa, sarana olahraga dan seni telah terpenuhi.


e. Pada tahun pelajaran 2008/2009 Program peningkatan fasilitas terpenuhi, sehingga dapat memberikan jaminan keberhasilan dalam belajar, bebas resiko atau jaminan keselamatan/keamanan dan masyarakat memandang Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong sebagai sekolah menarik, mayakinkan dalam memberikan jaminan mutu.

5. Bidang Hubungan Masyarakat.
a. Pada tahun pelajaran 2004/2005 terciptanya keterlibatan orang tua dalam pengambilan keputusan sebagai wujud pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM)
b. Pada tahun pelajaran 2005/2006 terlaksananya laporan secara berkala sebagai wujud akuntabilitas.
c. Pada tahun pelajaran 2006/2007 terciptanya komunikasi efektif antara pimpinan, staf, siswa dan orang tua dalam mencapai peningkatan mutu pendidikan.
d. Pada tahun pelajaran 2007/2008 orang tua dan masyarakat meyakini bahwa Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong mampu menyediakan proses belajar yang bermutu bagi siswa.
e. Pada tahun pelajaran 2008/2009 siswa, guru, staf, pimpinan dan orang tua/masyarakat merasa bangga terhadap perkembangan Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong sebagai lembaga pendidikan yang unggul dan mempunyai reputasi dalam masyarakat.

Dengan demikian keberadaan Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong telah memenuhi standar baik isi, proses, kelulusan, manajemen, tenaga pendidikan, sarana prasarana, pembiayaan dan standar penilaian, sehingga mampu mewujudkan sebagai sekolah yang UNGGUL PRESTASI BERPIJAK PADA NILAI - NILAI ISLAMI DAN BERAKHLAQUL KARIMAH.


Kencong, 16 Juli 2007

Kepala Madrasah,




Drs. H. Ahmad Saifuddin.
NIP. 131 252 984






PROGRAM KERJA
TAHUN PELAJARAN 2007/2008

A. TUJUAN / SASARAN
1. Pada akhir Tapel. 2007/2008, rata-rata NEM mencapai kriteria klasifikasi B
2. Pada akhir tahun pelajaran 2007/2008, 50 % dari lulusan yang diproyeksikan masuk pendidikan tinggi dapat diterima perguruan tinggi negeri.
3. Pada akhir tahun pelajaran 2007/2008, siswa mampu meraih prestasi dibidang olahraga, seni dan karya ilmiah baik tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi.
4. Pada akhir tahun pelajaran 2007/2008, 50 % dari lulusan program ketrampilan mempunyai ketrampilan kerja yang cukup, dan 80 % mampu berperan aktif ditengah masyarakat.
5. Pada akhir tahun pelajaran 2007/2008, 90 % lulusan dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan baik, dan 60 % dapat menjadi kader dibidang keagamaan ditengah masyarakat.

B. IDENTIFIKASI FUNGSI
Sasaran 1. Tahun 2008, peringkat NEM mencapai klasifikasi B
Fungsi pokok :
1. Mengadakan bimbingan UNAS baik oleh guru maupun lembaga bimbingan belajar.
2. Mengadakan uji coba / try out UNAS
3. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan sistem penilaian
Fungsi Pendukung :
1. Guru Pembimbing
2. Lembaga bimbingan belajar
3. Bank soal UNAS dan buku pegangan mata pelajaran UNAS
4. Semangat belajar siswa
5. Biaya operasional cukup
Sasaran 2. Tahun 2008, 50 % dari lulusan yang diproyeksikan masuk pendidikan tinggi dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri.
Fungsi pokok :
1. Orientasi pengenalan pendidikan tinggi baik jalur SPMB maupun PMDK
2. Bimbingan SPMB dan try out SPMB
Fungsi Pendukung :
1. Guru Pembimbing
2. Lembaga bimbingan SPMB
3. Bank soal SPMB
4. Kesempatan jalur PMDK/SPMB
5. Buku petunjuk tingkat persaingan masuk perguruan tinggi
6. Program unggulan pada kelas IPA/IPS
7. Semangat siswa dan biaya operasional
Sasaran 3. Siswa mampu meraih prestasi dibidang olahraga, seni, karya ilmiah maupun dalam lomba bahasa Arab / Inggris maupun olimpiade Matematika.
Fungsi pokok :
1. Kegiatan lomba antar kelas dan antar sekolah
2. Kegiatan Porseni dan Olympiade
3. Kegiatan Bimbingan belajar dalam bentuk kursus dan tutorial
Fungsi Pendukung :
1. Hobi, bakat dan minat anak
2. Guru pembina / pelatih
3. Sarana prasarana dan media kegiatan olahraga dan seni yang cukup
4. Organisasi intra dan ekstra kurikuler
5. Dana ekstrakurikuler yang cukup
Sasaran 4. Tahun 2008, 50 % lulusan program ketrampilan mempunyai ketrampilan kerja yang cukup dan 80 % mampu berperan aktif ditengah masyarakat.
Fungsi pokok :
1. Jadwal kegiatan dimasukan dalam jadwal kegiatan intra kurikuler.
2. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk 50 % teori dan 50 % praktek.
3. Kegiatan lomba kompetensi dibidang ketrampilan kerja.
4. Kegiatan uji kompetensi vocational skill.
5. kegiatan bakti masyarakat.
Fungsi Pendukung :
1. Tenaga pelatih yang cukup
2. Sarana dan Prasarana praktikum
3. Bakat dan minat anak
4. Buku pegangan ketrampilan
5. Kurikulum program ketrampilan
6. Biaya operasional
7. Lingkungan masyarakat (Pemerintah desa)
Sasaran 5. 90 % para lulusan dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan baik, 60 % dapat menjadi kader-kader da’i / tokoh-tokoh agama dimasyarakat.
Fungsi pokok :
1. Kegiatan keagamaan yang cukup melalui pelajaran agama.
2. Kegiatan uji kompetensi keagamaan.
3. Kegiatan pondok dan bakti romadlon
4. Kegiatan kaderisasi ( kader da’i )
Fungsi Pendukung :
1. Kitab – kitab agama
2. Asrama pondok pesantren
3. Guru-guru agama dan kyai
4. Mushollah/masjid tempat kegiatan bakti romadlon
5. Dukungan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat
6. Lingkungan pondok pesantren
7. Kurikulum Bidang keagamaan

C. ANALISIS SWOT
Komponen / Fungsi
Kriteria Kesiapan
( ideal )
Kondisi Nyata
Tingkat Kesiapan
Sasaran 1 : Peringkat NEM mencapai klasifikasi B
Fungsi pokok :
1. Mengadakan bimbingan UNAS baik oleh guru maupun lembaga bimbingan belajar.
2. Mengadakan uji coba / try out UNAS
3. Mengoptimalkan proses pembelajaran & penilaian
Fungsi pendukung :
1. Guru pembimbing
2. Lembaga bimbingan belajar
3. Bank soal UNAS dan buku pegangan mata pelajaran UNAS
4. Semangat belajar siswa
5. Biaya operasional

Sasaran 2 : 50 % dari lulusan yang diproyeksikan masuk perguruan tinggi dapat diterima diperguruan tinggi negeri.
Fungsi pokok :
1. Orientasi pengenalan pendidikan tinggi baik jalur SPMB maupun PMDK
2. Bimbingan SPMB
3. Try out SPMB
Fungsi pendukung :
1. Guru pembimbing
2. Lembaga bimbingan SPMB
3. Sarana prasarana (Bank soal SPMB)
4. Kesempatan jalur PMDK/SPMB
5. Buku petunjuk tingkat persaingan masuk perguruan tinggi.
6. Program unggulan dan Keagamaan
7. Semangat siswa dan biaya operasional

Sasaran 3 : Siswa mampu meraih prestasi dibidang olah raga, seni, karya ilmiah maupun dalam lomba bahasa Arab/Inggris maupun olimpiade Matematika
Fungsi pokok :
1. Kegiatan lomba antar kelas dan antar sekolah
2. Kegiatan Porseni dan Olimpiade
3. Kegiatan Bimbingan belajar dalam bentuk kursus atau tutorial.
Fungsi pendukung
1. Hobi, bakat dan minat anak
2. Guru pembina/pelatih
3. Sarana prasarana dan media kegiatan olahraga dan seni yang cukup.
4. Organisasi intra dan ekstra kurikuler.
5. Dana ekstrakurikuler yang cukup.


Sasaran 4 : 50 % lulusan program ketrampilan mempunyai ketrampilan kerja yang cukup dan 80 % mampu berperan aktif ditengah masyarakat.
Fungsi pokok :
1. Kegiatan belajar/pelatihan melalui kegiatan intrakurikuler (jadwal pelajaran)
2. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk 50% teori 50% praktek.
3. Kegiatan lomba kompetensi dibidang ketrampilan kerja.
4. Kegiatan uji kompetensi vocational skill.
5. Kegiatan bakti masyarakat.
Fungsi pendukung :
1. Tenaga pelatih yang cukup
2. Sarana dan prasarana praktikum
3. Bakat dan minat anak
4. Buku pegangan ketrampilan
5. Kurikulum program ketrampilan
6. biaya operasional
7. lingkungan masyarakat (Pemerintahan Desa)

Sasaran 5 : 90 % para lulusan dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan baik, 60 % dapat menjadi kader-kader da’i / tokoh-tokoh agama dimasyarakat.
Fungsi pokok :
1. Kegiatan keagamaan yang cukup melalui pelajaran agama
2. Kegiatan uji kompetensi keagamaan
3. Kegiatan pondok dan bakti romadlon
4. Kegiatan kaderisasi (kader da’i)
Fungsi pendukung :
1. Kitab-kitab agama
2. Asrama pondok pesantren
3. Guru-guru agama dan kyai
4. Musholla/masjid tempat kegiatan bakti romadlon
5. Dukungan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat.
6. Lingkungan pondok pesantren
7. Kurikulum bidang keagamaan



9 bulan

10 kali
Baik

24 orang
2 lembaga
100 %

Tinggi
Cukup





5 kali

1 semstr
2 kali

12 orang
2 lembaga
100 %
100 %
20 buku

Tersedia
100 %






3 x / thn
1 x / thn
Tersedia


Baik
Cukup
Tersedia

Ada
Tersedia






8 jam/ming

100 %

2 x / thn

2 x / smst
1 x / thn

Tersedia
Tersedia
Ada
Tersedia
Ada
Tersedia
Tersedia






Tersedia

Ada
Ada
Ada

Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Baik
Ada



90 %

85 %
90 %

85 %
50 %
75 %

Sedang
Kurang





85 %

85 %
1 kali

85 %
1 lembg
75 %
75 %
5 buku

90 %
85 %






2x / thn
Kurang
Kurang


Sedang
Cukup
Sedang

Cukup
Cukup






4 jam

75 %

1 kali

1x/smst
50 %

85 %
70 %
Sedang
Kurang
85 %
Kurang
Cukup






Cukup

Cukup
Baik
Baik

Cukup
Cukup
Cukup
Cukup
Baik
Baik
Cukup


Siap

Siap
Siap

Siap
Kurang
Kurang

Sedang
Kurang





Siap

Siap
Kurang

Siap
Kurang
Kurang
Kurang
Kurang

Siap
Cukup






Siap
Kurang
Kurang


Siap
Cukup
Sedang

Siap
Siap






Kurang

Kurang

Kurang

Kurang
Kurang

Siap
Kurang
Cukup
Kurang
Kurang
Kurang
Siap






Siap

Siap
Siap
Siap

Cukup
Cukup
Siap
Siap
Siap
Baik
Siap














D. ALTERNATIF LANGKAH PEMECAHAN.
No
SASARAN
PERMASALAHAN
ALTERNATIF PEMECAHAN
1.


















2.











3.








4.







5.

Sasaran 1 :
Peringkat NEM mencapai klasifikasi B
















Sasaran 2 :
50 % dari lulusan yang diproyeksikan masuk pendidikan tinggi dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri






Sasaran 3 :
Siswa mampu meraih prestasi dibidang olahraga, seni, karya ilmiah maupun dalam lomba bahasa Arab/ Inggris maupun olimpiade Matematika.

Sasaran 4 :
50 % lulusan program ketrampilan mempunyai ketrampilan kerja yang cukup dan 80 % mampu berperan aktif ditengah masyarakat.

Sasaran 5 :
90 % para lulusan dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan baik, 60 % dapat menjadi kader-kader da’i / tokoh-tokoh agama dimasyarakat

1.1 Telaksanaan bimbingan dan try out belum maksimal.




1.2 Terbatasnya sarana prasarana.





1.3 Terbatasnya biaya operasional.



2.1. Belum optimalnya fungsi kegiatan dan fungsi pendukung yang ada.








3.1. Masih terbatasnya para siswa dalam meraih prestasi, utamanya dalam bidang karya ilmiah.




4.1. Masih rendahnya kompetensi anak dalam bidang ketrampilan




5.1. Terbatasnya para lulusan yang berperan aktif sebagai kader-kader da’i / tokoh agama.
F Menambah guru pembimbing.
F Menjalin kerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar.
F Menambah frekwensi bimbingan dan try out.
F Meningkatkan semangat siswa

F Memaksimalkan sarana yang ada
F Menambah sarana yang dibutuhkan
F Merawat sarana yang ada sebaik mungkin.

F Mengoptimalkan dana dari komite.
F Menjalin kerjasama dengan pihak luar

F Menambah program layanan informasi orientasi PT
F Meningkatkan frekwensi bimbingan dan try out SPMB
F Menambah guru pembimbing
F Kerjasama dengan LBB dan pendidikan tinggi yang ada.
F Menambah sarana prasarana yang dibutuhkan (Bank soal SPMB)
F Meningkatkan motivasi siswa

F Menambah wadah kegiatan dan meningkatkan frekwensi kegiatan.
F Mencari / menambah guru pembina.
F Mengikutsertakan dalam berbagai kegiatan lomba
F Meningkatkan motivasi siswa.

F Meningkatkan semangat siswa
F Menambah sarana praktikum
F Menambah jam belajar praktikum
F Menambah tenaga pembina / pelatih.
F Menambah biaya operasional

F Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bidang keagamaan.
F Menambah kegiatan bakti masyarakat dalam bidang keislaman.
F Meningkatkan motivasi siswa.

E. RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN
Sasaran 1 : Tahun 2008, peringkat NEM mencapai klasifikasi B
Program : Peningkatan peringkat NEM
Kegiatan :
1. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan sistem penilaian
2. Mengadakan bimbingan UNAS baik oleh guru maupun lembaga bimbingan belajar.
3. Mengadakan uji coba (try out) UNAS
4. Mengadakan kerjasama dengan Lembaga bimbingan belajar
5. Mencukupi sarana prasarana (Bank soal, buku pegangan, alat praktikum dll )
6. Meningkatkan semangat belajar siswa

Sasaran 2 : Tahun 2008, 50 % dari lulusan yang diproyeksikan masuk pendidikan tinggi dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri.
Program : Meningkatkan kemampuan siswa dalam melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri
Kegiatan :
1. Memberikan orientasi tentang pendidikan tinggi baik jalur SPMB maupun PMDK.
2. Memberikan bimbingan dan try out SPMB
3. Mencari guru pembimbing & bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar.
4. Menambah bank soal SPMB
5. Melakukan koordinasi dengan lembaga perguruan tinggi
6. Mengajukan permohonan kesempatan masuk PT jalur PMDK
7. Menambah buku petunjuk tingkat persaingan masuk Perguruan tinggi
8. Memantapkan pelaksanaan program unggulan dan Keagamaan
9. Meningkatkan minat dan semangat anak dalam memasuki pendidikan tinggi negeri

Sasaran 3 : Tahun 2008, Siswa mampu meraih prestasi dibidang olahraga, seni, karya ilmiah, lomba bahasa Arab/Inggris maupun olimpiade Matematika.
Program : Peningkatan Prestasi siswa dalam bidang olahraga, seni, karya ilmiah, bahasa Arab/Inggris maupun olimpiade Matematika.
Kegiatan :
1. Mengadakan kegiatan lomba antar kelas dan antar sekolah
2. Mengikutsertakan dalam kegiatan Porseni dan olimpiade
3. Mengadakan bimbingan belajar dalam bentuk kursus atau tutorial
4. Mengidentifikasi hobi, bakat dan minat siswa
5. Meningkatkan kompetensi tenaga guru pembina/pelatih
6. Melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan termasuk laboratorium bahasa
7. Menambah wadah kegiatan intra dan ekstra kurikuler
8. Menambah dana ekstrakurikuler

Sasaran 4 : Tahun 2008, 60 % lulusan program keterampilan mempunyai ketrampilan kerja yang cukup dan 80 % mampu berperan aktif ditengah masyarakat.
Program : Meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang ketrampilan kerja dan kemasyarakatan.
Kegiatan :
1. Menetapkan kurikulum bidang keterampilan.
2. Membuat jadwal kegiatan dalam jadwal kegiatan ekstra kurikuler
3. Melaksanakan kurikulum program ketrampilan dalam bentuk 50 % teori dan 50 % praktek
4. Mengadakan kegiatan lomba kompetensi dibidang ketrampilan kerja.
5. Mengadakan kegiatan uji kompetensi vocational skill
6. Mengadakan kegiatan Magang baik dalam bidang vocational skill maupun society skill
7. Menambah tenaga pembina / pelatih yang berkompeten
8. Menambah sarana dan prasarana praktikum
9. Mengidentifikasi bakat dan minat anak
10. Menambah buku ketrampilan pegangan siswa
11. Meningkatkan biaya operasional
12. Menjalin kerjasama dengan Balai Latihan Kerja dan Pemerintah setempat.

Sasaran 5 : 90 % para lulusan dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan baik, 60 % dapat menjadi kader-kader da’i / tokoh-tokoh agama dimasyarakat.
Program : Peningkatan kompetensi siswa dalam bidang keagamaan agar dapa melaksanakan kegiatan keagamaan dengan baik atau menjadi kader da’I / tokoh-tokoh agama.
Kegiatan :
1. Melaksanakan kurikulum agama yang cukup melalui kegiatan intra dan ekstra kurikuler
2. Melaksanakan kegiatan uji kompetensi keagamaan
3. Melaksanakan kegiatan pondok dan bakti romadlon
4. Menambah kitab-kitab agama & memantapkan pelaksanaan kurikulum Keagamaan
5. Mengoptimalkan fungsi Asrama pondok pesantren
6. Mengoptimalkan fungsi dan peran guru-guru agama dan Kiyai
7. Menggunakan Mushollah/masjid sebagai tempat kegiatan bakti romadlon
8. Menjalin kerjasama dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat.
Sasaran 6 : Mengembangkan kurikulum dan meningkatkan profesionalisme guru .
Program : Pengembangan Kurikulum dan Peningkatan Profesionalisme Guru.
Kegiatan :
1. Pengembangan standar kurikulum, standar proses dan sistem penilaian
F Penyusunan silabus dan sistem penilaian
F Penyusunan media pembelajaran CTL
F Pelaksanaan kegiatan ujian, program remedial atau pengayaan
2. Peningkatan kompetensi/profesionalisme guru
F Pelatihan KBK / Model Pembelajaran
F Studi banding
F Program penyetaraan
F MGMP

Sasaran 7 : Mengembangkan fisik dan sumber daya keuangan
Program : Pengembangan fisik dan sumber daya keuangan
Kegiatan :
1. Identifikasi dan inventarisasi aset sekolah
2. Pengadaan sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran
3. Pemeliharaan sarana prasarana yang sudah ada
4. Penggalian dan pemberdayaan sumber dana yang ada


F. JADWAL PELAKSANAAN PROGRAM
JENIS KEGIATAN
WAKTU PELAKSANAAN/BULAN
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
Program 1 :
Peningkatan peringkat NEM
Kegiatan :
1. Mengadakan bimbingan UNAS baik oleh guru maupun lembaga bimbingan belajar
2. Mengadakan uji coba/try out UNAS
3. Mengadakan kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar
4. Menambah sarana prasarana belajar (buku/bank soal UNAS/alat praktikum dll
5. Meningkatkan semangat belajar siswa

Program 2 :
Peningkatan peringkat NUN
Kegiatan :
1. Memberikan orientasi tentang pendidikan tinggi baik jalur SPMB maupun PMDK
2. Memberikan bimbingan dan try out SPMB
3. Menambah guru pembimbing & bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar.
4. Menambah bank soal SPMB
5. Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan perguruan tinggi
6. Mengajukan permohonan kesempatan masuk PT jalur PMDK
7. Menambah buku petunjuk tingkat persaingan masuk perguruan tinggi
8. Memantapkan pelaksanaan program unggulan dan Keagamaan
9. Meningkatkan minat dan semangat anak dalam memasuki pendidikan tinggi negeri


Program 3 :
Peningkatan prestasi siswa dalam bidang olahraga, seni, karya ilmiah, bahasa Arab / Inggris maupun olimpiade Matematika
Kegiatan :
1. Mengidentifikasi hobi, bakat dan minat anak
2. Mengadakan kegiatan lomba antar kelas dan antar sekolah
3. Mengikutsertakan dalam kegiatan Porseni dan olimpiade
4. Mengadakan kegiatan bimbingan belajar dalam bentuk kursus atau turorial
5. Meningkatkan kompetensi tenaga guru pembina/pelatih
6. Melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan termasuk laboratorium bahasa
7. Menambah wadah kegiatan intra dan ekstra kurikuler
8. Menambah dana ekstra kurikuler.

Program 4 :
Meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang keterampilan kerja dan kemasyarakatan.
Kegiatan :
1. Memantapkan kurikulum program ketrampilan dengan menambah jam
2. Melaksanakan kurikulum program ketrampilan dalam bentuk 50 % teori dan 50 % praktek
3. Mengadakan kegiatan lomba kompetensi dibidang ketrampilan kerja.
4. Mengadakan kegiatan uji kompetensi vocational skill
5. Mengadakan kegiatan Magang baik dalam bidang vocational skill maupun society skill
6. Menambah tenaga pembina/pelatih yang kompeten
7. Menambah sarana dan prasarana praktikum termasuk buku pegangan
8. Menjalin kerjasama dengan balai latihan kerja dan pemerintah setempat

Program 5 :
Peningkatan kompetensi siswa dalam bidanga keagamaan agar dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan baik atau menjadi kader da’i/tokoh-tokoh agama
Kegiatan :
1. Memantapkan pelaksanaan kurikulum agama yang cukup melalui kegiatan intra dan ekstra kurikuler.
2. Melaksanakan kegiatan uji kompetensi keagamaan

3. Melaksanakan kegiatan pondok dan bakti romadlon
4. Menambah kitab-kitab agama
5. Mengoptimalkan fungsi asrama pondok pesantren
6. Mengoptimalkan fungsi dan peran guru agama dan kiyai
7. Optimalisasi fungsi Musholla / Masjid sebagai tempat kegiatan bakti romadlon
8. Menjalin kerjasama degan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Program 6 :
Pengembangan Kurikulum dan Peningkatan Profesionalisme Guru
Kegiatan :
1. Pengembangan standar kurikulum, standar proses dan sistim penilaian
F Penyusunan silabus dan sistem penilaian
F Penyusunan model dan sistem pembelajaran CTL
F Pelaksanaan kegiatan ujian, program remedial atau pengayaan
2. Peningkatan kompetensi/profesionalisme guru
F Pelatihan KBK/model pembelajaran
F Studi banding
F MGMP
F Seminar teknologi pembelajaran

Program 7 :
Pengembangan fisik dan sumber daya keuangan
Kegiatan :
1. Identifikasi dan inventarisasi aset sekolah
2. Pengadaan sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran
3. Memelihara sarana prasarana yang ada
4. Menggali dan memberdayakan sumber daya keuangan











X


















X











X





X

X

X


X

X






X











X

X











X







X
X

X

X

X








X

X





X








X

X

X
X



X




X

X




































X



X













X






X






X









































X












X
X



X











































X

















X


























X



X






X






















































X






X






















X


X

X

X

X





X







































X



X

















X



















X

X




X




X









X

X



X




































X


























X

X
X






































X





X


















X





















X


























X



X
X














X

X
X

X

X








X


X
X







X



X

X
X



X






X





X







X



X

X
X



X






X



X

X
X



X






X





































































































X

















X

























X





X




















X

X



















X


























X

X














G. RENCANA BIAYA
No
JENIS PROGRAM
VOLUME
SATUAN
SUMBER DANA
JUMLAH
SP 3
Komite
P. Tah
Lain2
1.
Peningkatan peringkat NEM








a. Bimbingan UNAS oleh guru
140
10.000
1.400.000



1.400.000

b. Bimbingan UNAS oleh lembaga Bimbel
10
100.000
1.000.000



1.000.000

c. Try out UNAS
140
10.000
1.000.000
400.000


1.400.000

d. Penambahan sarana belajar








> Buku pegangan siswa MP UNAS
140x3
15.000
5.000.000
1.300.000


6.300.000

> Bank soal UNAS
140x3
5.000
2.000.000
100.000


2.100.000

> Alat/Bahan praktikum
50
10.000
500.000



500.000









2.
Peningkatan kemampuan siswa dalam melanjutk keperguruan tinggi negeri








a. Orientasi pendidikan tinggi jalur SPMB/PMDK
3
50.000
450.000



450.000

b. Koordinasi dan kerjasama dengan Perg.Ting.
2
50.000
100.000



100.000

c. Bimbingan SPMB oleh guru
6
10.000
-


60.000
60.000

d. Bimbingan SPMB oleh Lembaga Bimbel/LBB
12
100.000
-
1.200.000


1.200.000

e. Penambahan Bank soal SPMB
30
20.000
-
600.000


600.000









3.
Peningkatan kompetensi siswa dalam bidang keterampilan kerja dan kemasyarakatan








a. Lomba kompetensi dibidang ketrampilan
2x4
100.000
-

800.000

800.000

b. Kegiatan uji kompetensi
2x4x4
25.000
-

800.000

800.000

c. Kegiatan Magang
140
25.000
-
350.000


350.000

d. Kegiatan Praktikum
140
10.000
1.400.000



1.400.000

e. Kegiatan Bakti Masyarakat
2
200.000
-
400.000


400.000









4.
Peningkatan prestasi siswa dalam bidang olahraga, seni, karya ilmiah, bahasa Arab / Inggris maupun olimpiade matematika








a. M’identifikasi Hobi, bakat dan minat siswa
1
100.000
100.000



100.000

b. Lomba antar kelas
2
1.000.000
-

2.000.000

2.000.000

c. Pertandingan persahabatan
2
500.000
1.000.000



1.000.000

d. Porseni
1
1.000.000
500.000
500.000


1.000.000

e. Olimpiade Matematika
2
300.000
-

600.000

600.000

f. Lomba pidato Bhs. Arab/Inggris
2
300.000
-

600.000

600.000

g. Lomba bahasa Inggris tertulis (LBIT)
50
5.000
-

250.000

250.000

h. Kegiatan Ekstrakurikuler Intensif








> Kepramukaan
2
500.000
1.000.000



1.000.000

> Seni
15
20.000
300.000



300.000

> Olahraga
30
25.000
750.000



750.000

> Jurnalistik
2
300.000
600.000



600.000









5.
Peningkatan kompetensi siswa dalam bidang keagamaan








a. Kegiatan uji kompetensi keagamaan
2x4
25.000
-
200.000


200.000

b. Pembekalan bakti romadlon
6
25.000
-
150.000


150.000

c. Kegiatan pondok romadlon
10x3
25.000
500.000


250.000
750.000

d. Pembinaan keislaman (Kaderisasi)
20
25.000
-


500.000
500.000









6.
Pengembangan Kurikulum dan Peningkatan Profesionalisme Guru








a. Penyusunan silabus dan sistem penilaian
17x24
10.000
2.000.000
2.000.000
80.000

4.080.000

b. Penyusunan model pembelajaran CTL
17x24
5.000
1.000.000
1.000.000
40.000

2.040.000

c. Pelaksanaan ujian








> Ulangah harian
475x17x3
500
12.000.000
112.500


12.112.500

> Ulangan semester
475x17x3
1.500
8.000.000
112.500


8.112.500

> UNAS
140
150.000
19.000.000

2.000.000

21.000.000

> Ujian Perbaikan
100
5.000
500.000



500.000

d. Kegiatan Pengayaan
12x17
10.000
2.000.000

40.000

2.040.000

e. Peningkatan Profesionalisme guru








> Pelatihan KBK/Model Pembelajaran
30
100.000


3.000.000

3.000.000

> MGMP
30
50.000

1.500.000


1.500.000

> Seminar Teknologi Pembelajaran
30
50.000


1.500.000

1.500.000

> Studi Banding
30
100.000

1.500.000
1.500.000

3.000.000









7.
Pengembangan Fisik dan Sumber Daya Keuangan








a. Identifikasi dan Inventarisasi aset sekolah
1
100.000

100.000


100.000

b. Pengadaan sarana prasarana








> Ruang kelas belajar
2
25.000.000


50.000.000

50.000.000

> Kelengkapan Laboratorium Bahasa
1
85.000.000

85.000.000


85.000.000

> Alat dan Bahan praktikum








# Tata Busana
10
750.000

7.500.000


7.500.000

# Tata Boga / Alat Masak
2
500.000

1.000.000


1.000.000

# Elektro
1
600.000

600.000


600.000

# Pertukangan
1
700.000

700.000


700.000

# Alat / Bahan Praktek IPA
3
1.000.000
1.000.000
2.000.000


3.000.000

# Komputer
5
2.500.000
1.500.000
10.000.000

1.000.000
12.500.000

> Penambahan Buku-buku Perpustakaan
475x17
10.000

8.075.000


8.075.000

c. Pemeliharaan sarana prasarana
4
500.000

1.000.000

1.000.000
2.000.000
J u m l a h
64.600.000
127.400.000
63.210.000
2.810.000
258.020.000

H. PENANGGUNG JAWAB PROGRAM

No
N A M A
JABATAN TIM
JABATAN DINAS

1.

2.

3.

4.

5.




6.



7.



8.




9.




10.



Drs. H. Ahmad Saifuddin

Shodiqun, SE

Sunanik

Dra. Sukristi

Khotibul Umam, MA




M. Ali Hasymi, S.Pd



Hariyanto, S.Pd



M. Mukhlis, S.Pd.I




M. Ilyasuddin, S.Pd.I




Soewoto, BA

Ketua

Wakil Ketua

Sekertaris

Bendahara

Penangg. jawab progr. Pengembang. Kuriklm dan Profesionalisme guru

Penangg. Jawab progr. Peningkatan Peringkat NEM + Life Skill

Penangg. Jawab prog. Kemampuan melanjutk ke perguruan tinggi

Penangg. Jawab prog. Peningkatan prestasi Non akademik dan pelayanan siswa

Penangg. Jawab prog. Peningkatan kompetens siswa dalam bidang keagamaan dan Humas

Penangg. Jawab prog. Pengembangan fisik

Kepala Madrasah

Waka Kesiswaan

Kepala Tata Usaha

Bendahara Sekolah

Waka Kurikulum




Guru Mapel / Walikelas



Guru BP / BK



BP / BK




Waka Humas




Waka Sarana Prasarana

Kencong, 16 Juli 2007
Kepala Madrasah,




Drs. H. Ahmad Saifuddin
NIP. 131 252 984






PENUTUP


Dengan tersusunnya Rencana Strategis dan Rencana Program Tahunan ini diharapkan dapat membantu semua pihak yang berkompeten dalam memahami dasar, arah pengembangan madrasah, serta mekanisme kerja yang ada demi terciptanya kultur kerja yang kondusif dan produktif.

Dengan demikian diharapkan akan terwujud kualitas madrasah sebagaimana yang dicita-citakan yaitu mampu mengantarkan anak didik untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau terjun ketengah masyarakat.

Akhirnya dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, mudah-mudahan kita semua dalam hidayah dan lindungan Nya. Amin.



Kencong, 16 Juli 2007
Kepala Madrasah,



Drs. H. Ahmad Saifuddin
NIP. 131 252 984

















Lampiran Prestasi


1. Bidang Akademik
F Memperoleh NEM tertinggi ke 3 se Jawa Timur Tahun 1995/1996 dengan Jumlah NEM 45,53 atas Nama : Thoriqul Anwar
F Prestasi terbaik 1, 2, 3 tingkat Pembantu Bupati Jember di Kec. Puger dalam Lomba Pidato Bahasa Inggris tahun 2002/2003
F Mewakili Lomba pidato Bahasa Inggris dan lomba Matematika di Propinsi Jawa Timur tahun 2001/2002.
F Meraih juara 1 tartil Qur’an tingkat Kabupaten Jember Tahun 2007
F Meraih juara 1 sampai dengan 3 lomba, musik, tartil, pidato bahasa Arab dan bahasa Inggris (yang diadakan oleh STAI Al-Falah Assunniyyah Kencong – Jember Tahun 2007
F Meraih juara 1 lomba Madrasah TSANAWIYAH swasta tk. Kabupaten Jember pada tahun 2007

2. Bidang Olahraga dan Seni
F Memperoleh penghargaan tingkat ke 6 Lomba Tenis meja tingkat daerah Jawa Timur tahun 2004
F Juara I Bola Volly Porsema tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun 2006
F Juara I Tenis Meja Porsema tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun 2006
F Juara I Pencak Silat Porsema tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun 2006
F Juara III Lomba Lari Porsema tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun 2006
F Meraih juara 1 pencak silat se-Kabupaten Jember Tahun 2007


Kencong, 16 Juli 2007
Kepala Madrasah,



Drs. H. Ahmad Saifuddin
NIP. 131 252 984





DATA GURU, KARYAWAN DAN SISWA
1. Guru dan Karyawan
No.
Keadaan Guru / Karyawan
Keterangan
1.
Jumlah Guru
- GTP : 2
- GTY : 22
- GTT : 7
Tingkat Pendidikan
- SLTP / SLTA : -
- Diploma : 1
- S1 : 29
- S2 : 1
2.
Jumlah Karyawan
5
Tingkat Pendidikan
- SLTA : 4 - S1 : 1
J U M L A H
36
2. Siswa
No.
Kelas
Rombongan
Putra
Putri
Jumlah
1.
2.
3.
X
XI
XII
4
4
4
72
75
72
70
85
70
142
160
142
J U M L A H
12
219
225
444

DATA SARANA PRASARANA
1. Bangunan dan Ruang
No.
J e n i s
J u m l a h
Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
Ruang Belajar
Ruang Kepala Sekolah
Ruang Guru
Ruang Perpustakaan
Ruang UKS
Ruang OSIS
Ruang BP/BK
Ruang Keterampilan
Gudang
Ruang Musholla
Asrama Siswa
Kantin / Kafetaria
Ruang Lab. Komputer
Ruang Studi Musik
Ruang Lab. IPA
WC Guru / MCK
WC Siswa
Bangku / Kursi Murid
Papan Tulis
Lemari Kelas
Meja Guru
Kursi Guru
Almari Guru
Meja Kepala Sekolah
Kursi Kepala Sekolah
Meja Tata Usaha
Kursi Tata Usaha
Lemari Tata Usaha
12
1
1
1
1
1
1
1
1
1
-
2
1
1
1
5
14
444
12
-
12
42
2
1
1
3
3
3





























2. Perlengkapan Administrasi / TU
No
J e n i s
Jumlah
Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Komputer
Printer
Kalkulator
Mesin Tik
Mesin Stensil
Kompor
3
2
2
3
2
2







3. Perlengkapan Olahraga / Seni
No
J e n i s
Jumlah
Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
Bola Volly
Bola Sepak
Perlg. Tenis Meja
Perlg. Atletik
Perlg. Rebana
Perlg. Band
Organ
Perlg Drum Band
Kaos tim olahraga
2
2
1 set
1 set
1 set
1 paket
1
1 paket
2 lusin






rusak

(volly & sepak bola)

4.Fasilitas Keterampilan
No
J e n i s
Jumlah
Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Komputer
Mesin Jahit
Otomotif
Tata Boga
Audio Kaset Bahasa
sablon
12
5
1
10
6
3






Daftar Nama Staf Pimpinan, Walikelas dan Tata Usaha
Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong
Tahun Pelajaran 2007 / 2008
No.
Bidang Tugas
Nama Pelaksana

1.
2.
3.
4.
5.

6.
7.
8.
9.
10.


11.












12.


Waka Ur. Kurikulum
Waka Ur. Kesiswaan
Waka Humas
Waka Ur. Sarana Prasarana
Staf BP/BK

Koordinator Prog. Keagamaan
Koordinator Prog. Unggulan & IPA
Koordinator Prog. IPS
Staf Perpustakaan
Kepala Tata Usaha
Staf Tata Usaha

Wali Kelas
a. Kelas X A
b. Kelas X B
c. Kelas X C
d. Kelas X D
e. Kelas XI IPA1
f. Kelas XI IPA 2
g. Kelas XI IPS 1
h. Kelas XI IPS 2
i. Kelas XII IPA 1
j. Kelas XII IPA2
k. Kelas XII IPS 1
l. Kelas XII IPS 2
Koordinator Life Skill & Pengembangan diri
a. Kepramukaan
b. Olahraga
c. Seni dan Band
d. Teater
e. Komputer
f. Menjahit
g. Otomotif
h. Beladiri
i. Tartil & Tilawah
j. Bhs. Arab
k. Jurnalistik / Karya tulis ilmiah

Khotibul Umam, MA
Shodiqun, SE
M. Ilyasuddin, S.Pd.I
Suwoto BA
- Hariyanto, S.Pd
- Mukhlis, S.Pd.I
Mastur, S.Ag
Hariyanto, S.Pd
M. Ali Hasymi, S.Pd
Kholifah Shofiatun
Sunanik
Heriyadi
M. Zaenuri, A.Ma

Ari Prihatini, S,Ag
Mastur, Lc
Hariyanto, S.Pd
M. Johan Arifie, S.Pd
Dra. Wahyuni Endang S.
Sunarsie, S.Ag
Mukhlis, S.Pd.I
Dra. Jamiah
Siti Tri Sutarti, S.Pd
Supriyadi, S.Pd
Drs. Syamsul Bahri
M. Ali Hasymi, S.Pd

M. Shodiqun, Muarifin
Atok, Yoyok, Indar
Siswanto
Rohmansyah
Ali Hasymi
Hj. Zahro
Ahib Rozaki
Nurhasanah
Ilyasuddin & Somadi
Mastur
Khotibul Umam






























































DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR …………………………………………………………….. i

DAFTAR ISI …………..………………………………………………….. ii

I. RENCANA STRATEGIS ( RENSTRA ) TAHUN 2004 – 2009 ……………. 1
A. Visi ………………………………………………………………………. 1
B. Indikator ….………………………………………………………………… 1
C. Misi ………………………………………………………………………. 1
D. Tujuan ………………………………………………………………………. 1
E. Program strategis …………………………………………….……………. 1
F. Strategi pelaksanaan ……………………………………………………... 2
G. Hasil yang diharapkan (target) ………………………………………….. 4
H. Rencana pemantauan & evaluasi ……………………………………….. 5

II. PROGRAM KERJA TAHUN PELAJARAN 2007 – 2008 ………………… 7
A. Tujuan / sasaran …………………………………………………………… 7
B. Identifikasi fungsi …………………………………………………………... 7
C. Analisis swot ………………………………………………………………. 9
D. Alternatif langkah pemecahan …………………………………………… 11
E. Rencana program dan kegiatan ………………………………………….. 12
F. Jadwal pelaksanaan program ……………………………………………. 14
G. Rencana biaya …………………………………………………………….. 17
H. Penanggung jawab program ……………………………………………… 18

III. PENUTUP ……………………………………………………………………… 19
LAMPIRAN-LAMPIRAN
- Struktur organisasi
- Data guru / karyawan, murid
- Inventaris madrasah
- Prestasi akademik, Non akademik








- ii -
KATA PENGANTAR


Bismillahirrohmaanirrohiim

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan peraturan pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), maka keberadaan Madrasah TSANAWIYAH sebagai SMU yang berciri khasa Agama Islam yang diselenggarakan oleh Departemen Agama semakin dituntut untuk mewujudkan sekolah yang memenuhi standar baik isi, proses, kelulusan, manajemen, tenaga kependidikan, sarana prasarana, pembiayaan maupun standar penilaian. Untuk itu Madrasah TSANAWIYAH harus diselenggarakan sedemikian rupa sehingga inti kurikulum yang diberikan mampu meningkatkan pengetahuan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta menciptakan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar yang dijiwai suasana keagamaan.

Guna mencapai tujuan yang dimaksud, diperlukan upaya dan program yang terencana, terarah dan berkesinambungan yang menyangkut berbagai aspek. Sehubungan dengan hal diatas Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong telah menyusun RENCANA STRATEGIS dan PROGRAM KERJA tahun pelajaran 2007-2008 dengan harapan dapat meningkatkan mutu proses belajar mengajar sekaligus kwalitas hasil belajar siswa secara efektif dan efisien.

Akhirnya kami berharap semoga RENCANA STRATEGIS dan PROGRAM KERJA tahun pelajaran 2007-2008 ini dapat dijadikan acuan dan pedoman oleh semua elemen madrasah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di madrasah ini. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia Nya kepada kita semua. Amin.



Kencong, 16 Juli 2007
Kepala Madrasah,



Drs. H. Ahmad Saifuddin
NIP. 131 252 984




- i -
YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL MA’ARIF
MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF KENCONG
Status : DISAMAKAN

Alamat : Jl. KH. Agus Salim No. 15-17, Telp. 0336-321713 Kencong – Jember 68167


SURAT KEPUTUSAN
KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF
Nomor : MA.m-NU/32-507/A-1/010/VII/2007

TENTANG
RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) TAHUN 2004-2009
DAN PROGRAM KERJA TAPEL. 2007/2008
MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF



Bismillahirrohmaanirrohiim.

Dengan rahmat Allah SWT, Kepala Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember setelah :


MEMPERHATIKAN : 1. Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Petunjuk Pelaksanaan Kurikulum Madrasah TSANAWIYAH

MENGINGAT : Bahwa tugas mengelola dan mewujudkan madrasah yang benar-benar berkualitas diperlukan adanya madrasah yang memenuhi standar,

MENIMBANG : Untuk dapat mewujudkan madrasah yang memenuhi standar, dipandang perlu adanya Rencana Strategis dan Program Kerja Tahunan.


MEMUTUSKAN


MENETAPKAN : Keputusan Kepala Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif tentang Rencana Strategis tahun 2004-2009 dan Program Kerja tahun pelajaran 2007/2008 Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember.

Pertama : Bahwa Rencana Strategis tahun 2004-2009 dan Program Kerja tahun pelajaran 2007/2008 telah memenuhi standar sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menentukan arah penyelenggaraan pendidikan khususnya Madrasah TSANAWIYAH Ma’arif Kencong

Kedua : Nama-nama terlampir ditetapkan sebagai penanggung jawab program.





Ketiga : Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya.




Ditetapkan di : Kencong
Pada tanggal : 16 Juli 2007

KETUA KOMITE, KEPALA MADRASAH




QOMARI SYAM Drs. H. Ahmad Saifuddin.
NIP. 131 252 984




KETUA YAYASAN,





KH. A. MURSYID SHOMADI





























































































STRUKTUR ORGANISASI
MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF KENCONG
TAHUN PELAJARAN 2007/2008


KEPALA SEKOLAH
Drs. H. AHMAD SAIFUDDIN
KABAG. TATA USAHA
SUNANIK
WK. KURIKULUM
KHOTIBUL UMAM, MA
WK. KESISWAAN
SHODIQUN, SE
WK. SAR. PRAS
SUWOTO, BA
HUMAS
M. ILYASUDDIN, S.Pd.i
DEWAN GURU
S I S W A
KABAG. KEUANGAN
Dra. SUKRISTI
KOMITE
MADRASAH
PENGURUS
MADRASAH
BP / BK
WALI KELAS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Blogger Templates