Jumat, 16 September 2011

Mengetes Periferal Menggunakan DirectX

DirectX merupakan tool bawaan windows yang digunakan untuk mendiagnosa semua hardware yang berhubungan dengan grafis, network dan multimedia. Tool DirectX dapat juga dipanggil dari tool system information. Tampilan tool DirectX terdiri dari tiga bagian yaitu Device, Driver, Feature dan Note. Pada bagian device berisi nama dari periferal yang terpasang. Untuk driver berisi tentang driver yang dipakai meliputi versi dan vendor pembuatnya. Sedangkan untuk note adalah berupa log yang menerangkan kondisi dari periferal, apakah ada konflik atau tidak.
Cara menjalankan pada Windows XP : Klik Start >>> Run... >>> dxdiag, enter
Cara menjalankan pada Windows Vista + Seven(7) : Klik Start >>> ketikkan dxdiag, enter

Versi terbaru DirectX saat ini adalah versi 11. Harap diingat bahwa, tidak semua hardware mendukung directX terbaru (10 dan 11), setidaknya hardware keluaran diatas 2008 sudah mendukung DirectX 10.

Gambar 1 menampilkan secara keseluruhan dari tool Direct X. DirectX mampu mendiagnosis system, display monitor, sound, music, input, dan network. Tool ini dilengkapi dangan feature-feature acceleration untuk meningkatkan performance dari fungsi periferal. 

Gambar 1. Tampilan keseluruhan DirectX


Gambar 2. Tampilan Tool DirectX untuk Diagnosis Bagian Sound
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates